UJUK RASA LANJUTAN WARGA DESA MOJOWUKU, DANRAMIL 0817/03 KEDAMEAN IKUT PANTAU

Gresik/Kedamean (18/01) : Danramil 0817/03 Kedamean Kapten Inf. H. Nawardi bersama Muspika Kec. Kedamean yang lainnya telah memantau dan mengawasi serta mengambil langkah untuk mencari jalan keluar selesaikan masalah unjuk rasa lanjutan yang dilakukan ± 150 orang warga Desa Mojowuku bertempat di Balai Desa Mojowuku Kec. Kedamean Kab. Gresik, Senin (18/01) pukul 08.00 WIB.

Latar belakang terjadi unjuk rasa lanjutan warga ini disenyalir dan dikarenakan oleh rasa ketidakpuasan warga masyarakat atas kinerja salah satu perangkat Desa Mojowuku yakni Polo/Kepala Dusun Glombok Wetan Bpk. Taufik Shaleh akan masalah sertifikat tanah dan tukar guling makam serta surat keputusan bersama Badan permusyawaratan Desa (BPD) pada tanggal 16 Januari 2016 yang ditujukan kepada Kepala Desa Mojowuku dalam menyikapi masalah yang terjadi di Dusun Glombok Wetan, mengingat Peraturan Daerah Kab. Gresik No. 4 Tahun 2010 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat Desa Pasal 12 Ayat 5 s/d 7 dan menimbang Peraturan Daerah Kab. Gresik No. 4 Tahun 2010 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat Desa Pasal 14 Ayat 3 huruf C serta situasi yang semakin tidak kondusif, sehingga memutuskan untuk mengusulkan kepada Kepala Desa Mojowuku agar memberhentikan Bpk. Taufik Shaleh sebagai Kepala Dusun Glombok Wetan.

Adapun langkah yang diambil oleh Muspika Kec. Kedamean untuk mencari jalan keluar dan solusi yang terbaik dengan diadakan musyawarah bersama di Balai Desa Mojowuku yang ditandai dengan dibukanya rapat koordinasi dan dibuka langsung oleh Kepala Desa Mojowuku yang dimulai dengan pembacaan aspirasi warga masyarakat selama ini yang masih belum terselesaikan khususnya warga Dusun Glombok Wetan. Meskipun kemarin sempat pada rapat perundingan musyawarah yang pertama, dimana aspirasi warga telah dicatat dan dikumpulkan serta dibawa oleh Ketua Komisi I DPRD Kab. Gresik Bpk. Tursilo untuk dkaji dan diperiksa ulang, namun sampai saat ini belum ada hasilnya yang nyata. Kegiatan ini juga dilakukan penyampaian berbagai orasi-orasi tambahan dari warga Desa Mojowuku kepada Kepala Desa secara bergantian.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Danramil 0817/03 Kedamean Kapten Inf. H. Nawardi beserta 5 anggota, Camat Kedamean beserta anggota stafnya dan Kapolsek Kedamean beserta anggotanya serta Kepala Desa Mojowuku beserta perangkat dan warganya. Untuk sementara situasi di wilayah Desa Mojowuku sampai saat ini masih kondusif. (Kodim 0817-RD).

Leave a Comment