Semen Indonesia Kenalkan Budaya Gresik Tempo Doeloe Melalui Blanggur Ramadhan

Semen IndonesiaPotretbangsa.com – Dalam upaya melestarikan budaya masyarakat Gresik tempo dulu yaitu blanggur yang dilakukan tiap bulan Ramadhan, yaitu tradisi orang tua dan muda pada waktu sore berkumpul di alun-alun membunyikan petasan sambil menantikan buka puasa. Dengan perkembangan dan kemajuan jaman tradisi itu sekarang sudah hilang, bahkan anak-anak muda sekarang tidak mengetahui apa itu blanggur. Melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR), Semen Indonesia mencoba menghidupkan kembali tradisi tersebut dan memperkenalkan pada kota – kota sekitar Gresik agar mereka mengenal budaya tempo dulu masyarakat Gresik.

Dengan tema Menselaraskan Keimanan & Takwa dalam kehidupan bermasyarakat yang menampilkan kegiatan-kegiatan Islami  dipadu dengan komitmen PT Semen Indonesia untuk selalu peduli pada Alam & Lingkungan, dengan mengkolaborasikan antara budaya dan dakwah, blanggur ramadhan Semen Indonesia menjadi enak ditonton sekaligus menambah wawasan tentang ilmu agama.Blanggur Ramadhan Semen Indonesia dimulai tanggal 10 Juli hingga 23 Juli 2014 akan singgah di tujuh kota di Jawa Timur. Blanggur Ramadhan dilepas oleh Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto di Gedung Utama Semen Indonesia.

Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto mengatakan,”Blanggur Ramadhan memiliki fungsi ganda yaitu berbagi melalui program CSR dan memperkenalkan produk yang dimiliki perseroan. Blanggur menggunakan truk trailer dan warung mobil yang akan singgah selama 2 hari di beberapa kota di Jawa Timur yaitu dimulai dari Jombang dilaksanakan tanggal 10 sampai 11 Juli, Jember tanggal 12 sampai 13 Juli, Malang tanggal 14 sampai 15 Juli, Kediri tanggal 16 sampai 17 Juli, Madiun tanggal 18 sampai 19 Juli, Tuban tanggal 20 sampai 21 Juli dan sebagai penutup, Blanggur Ramadhan akan singgah di kota Gresik tanggal 22 sampai 23 Juli 2014”.

Blanggur Ramadhan Semen Indonesia akan membagikan 1500 pax ta’jil setiap kota yang disinggahi, selain itu panitia akan membagikan pohon produktif (mangga, jambu, nangka) kepada masyarakat.

Blanggur Ramadhan selain menyajikan hiburan musik rohani, juga menyelenggarakan lomba diba’ untuk masyarakat sekitar. Sebagai penutup kegiatan, permainan interaktif (game) juga diberikan kepada masyarakat yang berpartisipasi mengikuti kegiatan tersebut. [ika/zu]

Leave a Comment