Sambel Ikan Wader, Hidangan Spesial Pengugah Selera

waderGRESIK, Potretbangsa.com – Sambel Wader, atau biasa disebut Ikan Bilis, kini menjadi hidangan favorit, dan banyak disukai masyarakat, terutama saat musim penghujan seperti sekarang. Rasa khas sambal pedas, dan tekstur dagingnya yang gurih, tidak hanya menggugah selera, tetapi juga menyehatkan, karena tanpa menggunakan bahan kimia pengawet.

Ikan Wader, atau biasa disebut Ikan Bilis, kini menjadi hidangan favorit warga, terutama di musim penghujan, seperti sekarang.

Berbeda dengan jenis ikan laut, karena ikan wader yang memiliki ukuran sepanjang lima centimeter sampai sepuluh centimeter ini, bisa disantap langsung tak perlu khawatir tertusuk durinya.

Cara penyajian sambel wader terbilang unik. Yakni mengggunakan cobek, dengan sambal pedas, dan ditambahan lalap sayur segar, membuat hidangan sambel wader tidak hanya diminati warga di pedesaan, tetapi juga masyarakat yang tinggal di perkotaan.

Ikan Wader, yang digoreng kering, tekstur dagingnya terasa lebih gurih dan renyah, sehingga mampu membangkitkan selera, terutama di musim penghujan.

Zainudin, pecinta kuliner Sambel Wader, mengatakan, sambal pedas ikan wader mampu menggugah selera. Selain mengandung banyak prorein, juga menyehatkan, karena tidak menggunakan bahan kimia pengawet.

“Sambel wader, tidak hanya cocok untuk hidangan makan siang. Tetapi juga cocok untuk hidangan makan malam bersama keluarga di rumah, terutama saat musim penghujan seperti sekarang,” ucapnya.

Pujiati, pengelola warung sambel wader, mengatakan, sulit mendapatkan bahan baku ikan wader di musim penghujan. karena sejumlah waduk dan sungai, yang menjadi tempat perkembang-biakkan ikan wader terendam banjir.

Proses penghidangan ikan wader juga tidak terlalu repot. Setelah dibersihkan, ikan wader kemudian digoreng kering, dan ditambahkan garam, bawang putih, serta ketumbar.

Penyajianya sambel wader, juga cukup khas. karena dihidangkan di atas cobek, dan ditambahkan lalapan sayur segar. Terlebih, di warung wader ini, juga menyediakan beragam minuman menyehatkan, seperti jus Keres Surga, Jus Apukat, dan aneka buah menyegarkan lainnya.

Bagi anda pecinta kuliner yang ingin menikmati hidangan favorit penggugah selera warga Gresik ini, bisa datang langsung ke Perum Bunder Asri, Jl. Permata no 13, cukup dengan 12 ribu rupiah saja. Selamat mencoba. (bima)

Leave a Comment