Ratusan Pemuda Karang Taruna Gresik Akan Ikuti Pelatihan Leadership

Potretbangsa.com,- Ratusan pemuda Karang Taruna yang tersebar di 18 Kecamatan di Kabupaten Gresik akan segera mengikuti pelatihan Leadership. Selain untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa, kegiatan pelatihan ini juga bertujuan untuk menyemarakkan HUT Karang Taruna ke 37, yang jatuh pada tanggal 26 September mendatang.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Greik, Ika Hidayat mengungkapkan, kegiatan pelatihan setidaknya melibatkan 100 orang pemuda Karang Taruna desa yang tersebar di 18 Kecamatan. dan melibatkan pembicara dan instruktur kompeten.

“Kegiatan ini bertujuan untuk Memupuk kemampuan leader masing-masing anggota Karang Taruna. Sehingga memiliki rasa cinta tanah air dan bangsa,” Kata Ika Hidayat.

Dikatakannya, Karang Taruna, adalah institusi kepemudaan yang ada di tiap desa. Di dalamnya terdapat pemuda pemudi pilihan. Tunas yang tengah bersemai ini merupakan generasi harapan. Tumbuh dan berkembang mengikuti naluri alamiah. Baru meniti hidup ditangga pemula. Belum mengerti betul beratnya beban hidup. Karang Taruna merupakan wadah kepemudaan non partisan, menjadi ruang positif generasi muda untuk berkembang dan berkarya. Meningkatkan sumber daya manusia dan menumbuhkembangkan jiwa sosial. Pemuda Karang Taruna merupakan garda terdepan perubahan sosial. Bersinggungngan langsung dengan akar persoalan di masing-masing lingkungan perdesaan. Sehingga pemuda karang taruna harus memiliki kepekaan sosial tinggi, serta selalu menempa dirinya untuk mengambil tanggungjawab sebagai leader di masyarakatnya. Jika pemuda desa ini lemah dan tidak memiliki jiwa kepemimpinan tinggi. “maka bisa dipastikan resistensi sosial bakal meletup dan segera terjadi,” imbuh Ika Hidayat.

M Bashori Alwi, Ketua Panitia Pendidikan dan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Pemuda Indonesia, mengatakan, persiapan pelaksanaan kegiatan sudah mencapai 90 persen. Nantinya, para peserta akan di karantina selama dua hari di Balai Diklat PMI Jawa Timur, di jl Dr. Wahidin Sudiro Husodo.

“Selain menghadirkan Ketua Karang Taruna Jawa Timur sebagai pemateri. Para peserta juga akan mendapatkan materi dari Satuan Kodim 0817 Gresik. Tim instruktur dari Kodim 0817 Gresik ini, nantinya diharapkan mampu menelorkan kader – kader Karang Taruna yang memiliki kedisiplinan dan nasionalisme tinggi,” pungkas Bashori Alwi.

Leave a Comment