Puluhan Eks Anggota Gafatar Ditampung Di Lapinsos Gresik Untuk Dilakukan Pembinaan

GRESIK, Potretbangsa.com – Sebanyak 27 mantan anggota Gerakan Fajar Nusantara ( Gafatar) warga Kabupaten Gresik ditampung di lembaga pembinaan Dinas Sosial yang terletak di kecamatan Cerme Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Sebelum dikembalikan ke rumah masing-masing, para mantan anggota Gafatar yang separuhnya merupakan anak-anak ini akan dilakukan pembinaan terlebih dahulu bersama tokoh agama dan MUI Kabupaten Gresik.

Tursilowanto Hariogi, Asisten 1 Pemkab Gresik, yang membidangi bagian Pemerintahan dan Kesra mengatakan, para mantan eks gafatar ini sebelum dikembalikan ke rumah masing-masing akan di bina terlebih dahulu bersama dengan para tokoh agama dan Majelis Ulama Indonesia.

“Selain melakukan pembinaan, untuk sementara para eks Gafatar yang tidak memiliki rumah tinggal akan ditempatkan di rumah pembinaan ini, hingga para eks Gafatar ini mampu kembali menyatu dengan masyarakat dan menjalani kehidupan dengan normal kembali,” Kata Tursilo.

Dari pantauan Potretbangsa.com, sebanyak 27 mantan anggota Gerakan Fajar Nusantara ini tiba di Kota Gresik senin dini hari tadi. Mereka tiba di Loka Bina Karya Asih-Dewata Dinas Sosial Kabupaten Gresik, yang barada di jalan barat pasar Cerme Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik.

Dengan pengawalan ketat aparat keamanan, para eks gafatar ini langsung menuju ke ruangan untuk beristirahat usai melakukan perjalanan jauh dari Pontianak, Kalimantan Barat.

Dari data sebanyak 27 eks gafatar yang kembali ke Kabupaten Gresik, tercatat sebanyak 12 orang masih anak-anak, yang berasal dari 5 kecamatan di Kabupaten Gresik. Jumlah ini, diperkirakan akan terus meningkat seiring masih ada puluhan eks gafatar lainnya, yang masih menunggu keberangkatan untuk kembali ke gresik hingga dua hari ke depan. (08/ik/id)

Leave a Comment