PT. Petrokimia Gresik Gelar Lomba K3

K3 Petrokimia GresikGRESIK, Potretbangsa.com – Bertambahnya jumlah pabrik pupuk dan non-pupuk milik PT. Petrokimia Gresik (PG) menjadi 25 unit, dengan total kapasitas mencapai 7,9 juta ton/tahun, membuat perusahaan milik Negara ini berkomitmen, meningkatkan kesadaran akan pentingnya aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dengan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang berkelanjutan.

Sekretaris Perusahaan PT. Petrokimia Gresik, Wahjudi, mengatakan, untuk membudayakan K3 di perusahaan, PG beserta anak perusahaan, kontraktor, dan sub-kontraktor, menggelar lomba K3 dengan tema “Safety Starts With Me”.

“Adapun jenis lomba yang digelar selama bulan Februari 2015 adalah Lomba PMK (Pemadaman Kebakaran), Lomba BA (breathing apparatus) dan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan), Lomba cerdas cermat tentang K3, Lomba poster K3 & lingkungan, Lomba karya tulis K3 & lingkungan, Lomba ide kreatif K3, dan Lomba fotografi K3,” jelas Wahjudi.

Dikatakan Wahjudi, Penerapan SMK3 menjadi penting mengingat unit produksi PG memiliki kompleksitas yang tinggi dengan produk yang beragam, mulai dari pupuk, produk inovasi (hasil riset), bahan kimia, serta jasa. Selain itu, penerapan K3 merupakan salah satu prasyarat dalam hubungan ekonomi internasional dan perdagangan bebas. Terlebih menjelang diterapkannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada akhir 2015.

“Oleh karena itu, perlombaan K3 yang sedang digelar saat ini merupakan upaya nyata dalam membudayakan K3 di lingkungan perusahaan, guna meningkatkan daya saing perusahaan secara berkelanjutan,” Imbuhnya.

Melalui kegiatan ini, PG berharap aspek K3 tidak sekedar menjadi slogan dan kewajiban bagi karyawan dalam bekerja, namun yang paling penting menjadi nilai-nilai bagi setiap insan perusahaan, baik di lingkungan kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Comment