Permintaan Hewan Kurban Melonjak 100 Persen Jelang Idhul Adha

sap3LAMONGAN, Potretbangsa.com – Jelang hari Raya Idul Adha, permintaan hewan kurban melonjak 100 persen. Tingginya jumlah permintaan detang sejak sebulan terakhir, dan membuat para peternak sampai kewalahan memenuhi pesanan. Bahkan, sebagian peternak mengaku menolak permintaan dari para pelanggan, karena stok hewan ternak miliknya sudah habis terjual.

Shobikin Amin, salah seorang peternak kambing mengatakan, lonjakan pesanan kambing sudah terjadi sejak sebulan terakhir menjelang datangnya Hari Raya Idul Adha.

“Kami sampai kewalahan memenuhi pesanan yang tiap hari datang. Sebagian peternak malah sudah kehabisan stok hewan ternaknya karena sudah laku terjual,” kata warga Desa Solokuro Kecamatan Solokuro Lamongan Jawa Timur ini.

Agar kondisi kesehatan kambingtetap terjaga, lanjutnya, dalam beberapa hari terakhir selalu dicek kesehatan nya. Selain itu, asupan makanannya juga diperhatikan, sehingga kambing kambing domba selalu terjaga sampai saat dijual.

“Pada bulan-bulan sebelumnya,  kambing yang terjual sebanyak lima hingga sepuluh ekor perbulan, namun saat menjelang hari raya Idul Kurban,  kambing yang terjual mencapai lebih dari  seratus ekor, dengan harga  satu juta enam ratus ribu rupiah hingga dua juta tiga ratus ribu per-ekor,” imbuhnya.

Peternak warga Solokuro ini juga melayani pembeli dengan hitungan berat kambing. Satu kilonya dijual dengan harga empat puluh lima ribu.

Menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini, peternak kambing juga diuntungkan dengan banyaknya pembeli kotoran kambing. Kotoran kambing ini untuk pemupukan, dan akan ditabur di sawah yang saat ini mengering, Sehinga saat musim tanam mendatang,  tanaman padi akan tumbuh subur lantaran sebelumnya tanah sudah ditaburi kotoran kambing sebagai pupuk organic. [sol/W2N]

Leave a Comment