Perempuan Muda Pengidap HIV, Terlantar Sendirian Tanpa Ada Yang Merawat

penderita aids butuh pertolongan 1 001 _1__0001Potretbangsa.com – Perempuan Muda Pengidap HIV, Terlantar Sendirian Tanpa Ada Yang Merawat. Seorang perempuan muda di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, tak mendapat hak hidup yang layak, seperti masyarakat pada umumnya, lantaran diketahui mengidap penyakit HIV/ AIDS. Ironisnya, perempuan  ini dikucilkan warga dan tinggal seorang diri di rumah tanpa ada yang merawat, dengan hidup yang serba kekurangan.

Di rumahnya yang sederhana di Desa Pucuk, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan, Atik Krisnawati (35 tahun) tinggal seorang diri. Atik Krisnawati mengalami nasib tragis karena telah menderita HIV AIDS.

Sehari-hari, Atik hanya bisa tidur beralaskan lantai rumahnya yang lusuh tak terurus. Kian hari, kondisinya semakin parah. Kedua tangan dan kakinya sulit untuk digerakkan. Demikian pula kondisi kedua matanya yang juga sulit digunakan untk melihat.  Atik adalah satu diantara ratusan juta warga negeri ini yang kurang beruntung.

Kondisi perempuan yang bercerai dengan suaminya sejak beberapa tahun lalu ini, makin mengharukan dan nelangsa sejak dikucilkan warga desanya. Warga mengaku takut tertular penyakit mematikan itu.

Di rumahnya yang sederhana, Atik tinggal seorang diri, paska meninggalnya kedua orang tua tercintanya. Seorang saudara Atik, hingga kini juga tidak diketahui keberadaanya.

“Sebelum kondisinya semakin parah, Atik sempat dirawat di RSUD Soegiri Lamongan. Namun, keterbatasan biaya yang dimiliki, dan tidak adanya tempat khusus bagi pengidap HIV AIDS di rumah sakit tersebut, membuatnya harus rela dipulangkan mertuanya,” Nikmatul Musyawaroh,Kaur Kesra Desa Pucuk.

Pihak pemerintah Desa mengaku, tidak tahu asal mulanya Atik mengidap HIV AIDS. Sejak warga mengetahui kondisi Atik yang mengidap virus HIV, mereka mulai mengucilkannya. Selain takut tertular, warga juga resah karena setiap malam mendengar teriakan histeris Atik dari dalam rumahnya yang sepi. (yad/ika)

Leave a Comment