Pepes Sidat, Hidangan Spesial Penambah Stamina Tubuh dan Kecerdasan Otak Bayi

Pepes Sidat Potretbangsa.comGRESIK, Potretbangsa.com – Pepes Sidat, hidangan spesial warga kampung nelayan Gresik, yang banyak disuka warga, karena sensasi kelezatanya. Selain tekstur dagingnya lembut, makanan ini memiliki banyak kandungan protein, kalsium, vitamin a, vitamen e, dan kandungan omega cukup tinggi, sehingga berkhasiat untuk menambah kecerdasan otak bayi, dan penambah daya tahan tubuh.
Bagi warga kampung nelayan Gresik Ikan yang sepintas bentuk fisiknya menyerupai belut ini, juga sering disebut  ikan Janjan. Ikan dengan nama Latin Angguila Bicolor ini, memiliki ciri-ciri ukuran panjang mulai dari 30 centimeter hingga satu meter, bersirip di bawah kepala sehingga menyerupai telinga, tubuhnya berlendir  dan cukup pintar berkelit.
Muhammad Ja’far Sodiq, salah satu pembudidaya ikan Sidat, mengatakan,  Tidak seperti ikan pada umumnya, ikan Sidat cenderung lebih manja. Sebab, tidak semua makanan ikan disantapnya.

“kami sedikit kesulitan merawat dan membesarkan ikan sidat, sebab makannya susah,” ucap Sodik.

Warga kampung nelayan di sepanjang pesisir Gresik, sering memanfaatkan ikan sidat. menjadi beragam jenis hidangan. Diantaranya Pepes Sidat.

Karena sensasi kelezatanya, kini pepes sidat juga menjadi hidangan istimewa sejumlah warung nasi di Gresik. Diantaranya warung Pepes Sidat di kompleks Perumahan Griya Bunder Asri, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Puji Ismanto, pemilik warung Pepes Sidat, mengatakan, pepes ikan sidat disuka warga, karena banyak mengandung protein, kalsium, vitamin a, vitamin e, dan kandungan omega cukup tinggi, yang berkhasiat untuk menambah kecerdasan otak bayi, dan penambah daya tahan tubuh.

“Tekstur daging ikan sidat yang lembut sangat cocok diolah dengan bumbu tradisional bercitarasa pedas dan asam, banyak disuka warga, karena mampu membangkitkan selera makan,” katanya.

Proses pengolahan pepes Ikan Sidat, diawali dengan pemotongan daging ikan sidat dan dilanjutkan dengan proses pencucian hingga benar-benar bersih.

Potongan daging sidat, kemudian dicampur dengan bumbu cabai merah, cabai rawit, gula merah, garam, dan potongan tomat agar menghasilkan rasa segar.

Daging sidat yang sudah dicampur bumbu, kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang. Namun, sebagian warga sengaja tidak mengambil tulang sidat agar sensasi kelezatanya semakin menggugah selera.

“pepes sidat yang pedas dan asam, mampu membangkitkan selera makan karena tekstur dagingnya yang lembut, menambah menu ini makin lezat dan nikmat,” ucap Mustari, salah satu pecinta kuliner Pepes Sidat.

Bagi anda yang ingin merasakan sensasi kelezatan pepes sidat, tidak perlu repot. Karena sejumlah warung di Gresik telah menyediakannya dengan harga jual 15 ribu rupiah per bungkus. [yad/ida]

Leave a Comment