Pembagunan Perumahan Green Veteran Dihentikan Satpol PP

perumahan2LAMONGAN, Potretbangsa.com – Perumahan Green Veteran di Jalan Raya Tambakboyo Desa Tambakrigadung Kecamatan Tikung ternyata belum memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Atas pelanggaran ini, Satpol PP setempat melakukan penghentian pembangunan perumahan sejak 14 September lalu.

Kepala Satpol PP Tony Tamtama Jati, mengungkapkan, selain tidak memiliki IMB, pengembang perumahan juga belum mengurus ijin gangguan (HO/hinder ordonantie).

“Berdasar pemantauan kami di lapangan dan koordinasi dengan instansi terkait, pembangunan perumahan milik Edi Sulistyo tersebut belum memiliki ijin dari kepala daerah. Yakni IMB dan Ijin HO. Sehingga pembangunan perumahan ini kami hentikan, “ katanya kepada Potretbangsa.com.

Pengembang perumahan, lanjut dia, sudah membuat surat pernyataan kesanggupan untuk mengurus IMB sesuai dengan Perda nomor 06 Tahun 2007 tentang IMB. Namun, Pengembang juga belum memenuhi pembuatan ijin gangguan sebagaimana dalam Perda Nomor 02 Tahun 2012 tentang Ijin Gangguan.

“Bila ijin ini tidak segera dipenuhi, tentu akan ditindak sesuai dengan Perda yang berlaku, “ tegasnya.

Dalam Perda nomor 06 Tahun 2007 tentang IMB, pasal 47, disebutkan pelanggaran terhadap perda ini diancam dengan pidana kurungan paling lama tiga bulan atau denda setinggi-tingginya Rp 5 juta. Sementara dalam Pasal 23 Perda 02 Tahun 2012 tentang Ijin Gangguan, pelanggarnya diancam dengan pidana kurungan minimal tiga bulan atau denda paling banyak Rp 50 juta. [sol/ik]

Leave a Comment