Koramil 0811/08 Widang Ajarkan Wawasan Kebangsaan Dan Kekompakan Melalui Out Bond

Potretbangsa.com – TUBAN. Aparat Koramil  0811/08 Widang gencar melakukan safari kebangsaan di sejumlah sekolah. Tidak hanya materi di dalam kelas, TNI juga mengajak para pelajar mengikuti outbond untuk melatih kerjasama tim.
 
Bati Komsos Koramil Widang,Serma Bambang mengatakan, cara rekreatif tersebut sengaja dilakukan agar para pelajar tidak bosan dan dapat menangkap materi yang disampaikan.
 
“Kalau di dalam kelas terus tentu akan cepat bosan. Jadi setelah sesi pertama di kelas selesai langsung kami ajak untuk permainan bersama,” ujarnya usai mengisi wawasan kebangsaan di SMKN 1 Widang,Tuban, Rabu (27/9/2017).
 
Beberapa permainan yang dilakukan di antaranya,  memindahkan lingkaran holahop serta permainan buldoser dan memindahkan tongkat.
 
Menurutnya, cara tersebut dinilai cukup efektif, karena hampir semua peserta merasa terhibur dan senang melakukan rangkaian kegiatan hingga paripurna. Di sela-sela permainan, anggota Koramil juga menyampaikan sejumlah materi tentang kebangsaan.
 
“Semua permainan membutuhkan kerjasama tim. Pada intinya permainan itu untuk melatih para siswa agar kompak dan tidak mengedepankan ego atau kemauannya sendiri. Ini bisa diaplikasikan dalam bermasyarakat,” ujarnya.
 
Danramil 0811/08 Widang,Kapten Arh Sutomo  berharap, berbagai rangkaian safari kebangsaan yang dilakukan di sejumlah sekolah tersebut bisa menjadi bekal para pelajar, sehingga bisa menjadi pribadi yang lebih arif dan bijaksana dalam melakukan sebuah tindakan.
“Wawasan kebangsaan ini penting kami tanamkan, karena anak-anak ini 20 tahun lagi akan menggantikan kami sebagai pemimpin,” tandasnya.
 
Ia menambahkan, kegiatan serupa rencananya juga akan digelar di berbagai sekolah di wilayah Tuban khususnya kecamatan Widang. “Bahkan sejumlah guru dan karyawan sekolah juga akan dilibatkan, sehingga bisa memupuk kerjasama tim,” imbuhnya. (min)

Leave a Comment