Kelas Industri, Lulus Sekolah Langsung Bekerja

sambutan p.bobGRESIK, Potretbangsa.com – Lulus sekolah bisa langsung kerja, adalah dambaan dari setiap siswa maupun orang tua siswa di masa kini. Namun untuk mencapainya, tentu saja dibutuhkan sekolah yang memiliki kualitas, jaringan serta kemampuan dibidang itu. Seperti terobosan yang dilakukan SMK PGRI Gresik misalnya. Dengan menggandeng industri penghasil pegas, PT. Indospring Tbk,  setidaknya 24 siswa kelas XI akan mendapatkan pembelajaran riil di perusahaan ini selama setahun .  

Setelah membuat MoU pada Mei lalu dengan PT Indospring, kini program kelas industri dapat mulai dinikmati para siswa SMK PGRI Gresik yang mencakup 924 siswa kelas XI. Dari 924 siswa ini, 24 terbaik diantaranya bakal dipilih mendapat pembelajaran di kelas ( teori ) selama enam bulan, dan tiga bulan selanjutnya praktek, lalu tiga bulan berikutnya mengikuti uji kompetensi.

Direktur Indospring Bob Budiono, saat menyampaikan perkuliahan mengatakan, bahwa setiap Sabtu level manajer ke atas, akan memberi pembelajaran kepada siswa, termasuk dirinya.

“Para manajer nantinya tidak hanya memberikan materi tentang permesinan , kendaraan ringan , kimia analis , dan gambar bangunan , tapi juga etos kerja di dunia industri “, jelasnya pada wartawan .

Kepala SMK PGRI Gresik Aris Susanto berharap, agar langkah terobosan ini mendapat dukungan dari pemerintah daerah.

“Saya sudah membuka jalan , sekarang terserah pak bupati mau meng adopsi konsep ini untuk dikembangkan di sekolah lain,” papar kepala sekolah yg juga Sekretaris PGRI Kabupaten Gresik . (Ali/yat)

Leave a Comment