Jenderal Purn Muldoko Kenalkan Varitas Baru M400 Untuk Mensejahterakan Petani

Potretbangsa.com – Jember. Jenderal Purnawirawan Muldoko merupakan sosok yang tidak asing bagi petani di Indonesia, betapa tidak karena sejak melaksanakan purna tugas dari Keprajuritan TNI AD beliau langsung eksis melakukan kegiatan yang sangat membantu dunia pertanian di Indonesia. Bahkan dibeberapa kesempatan beliau mengumandangkan bahwa pertanian adalah bagian strategis dari pertahanan NKRI. Sehingga beliau merasa terpanggil untuk melanjutkan pengabdiannya.

Semangat kemiliteran yang mengalir pada diri beliau mendorong terciptanya berbagai benih padi padi diantaranya M300, M70 yang sudah diproduksi terdahulu dan kini kembali ke Jember untuk mengenalkan produk penemuannya berupa varietas baru berupa N400 yang tentunya masing-masing membawa keunggulan-keunggulannya termasuk tahan hama bahkan berusia lebih pendek dari varietas lain pada umumnya.

Kedatangan Jenderal Purn Muldoko pada Rabu 27/09/2017 Pukul 14.00 Wib diawali dengan makan siang bersama H Ponimin Pemilik Dira Park Jember bersama dikediaman H Ponimin didampingi oleh Pengurus Dewan Pimpinan Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia, Kepala Staf Kodim 0824 Mayor Inf Robertus Ardha, H Jumantoro Ketua HKTI Jember, dan Undangan kehormatan lainnya. Selanjutnya menuju aula Dira Park Ambulu Jember yang sudah ditunggu sekitar 350 orang petani dari seluruh Kabupaten Jember Kedatangan Jenderal Purn Muldoko disambut dengan tepuk tangan yang meriah oleh para petani.

Pada kesempat tersebut Jenderal Purn Muldoko yang mendapat julukan baru sebagai Panglima Tani Nusantara menyampaikan bahwa kendala yang dihadapi petani ada 5 item, diantara : kondisi tanah yang sudah mengeras karena unsur haranya sudah menipis, modal pertanian, kondisi panen petani yaitu besarnya losses, harga padi, distribusi bantuan pupuk dan lain-lain.

Jenderal Muldoko mengajak petani untuk bertani secara modern, untuk itu saya menciptakan benih dan pupuk yang dapat memakmurkan petani, tetapi melalui model pertanian modern dan akan kita lakukan pendampingan melalui coorporate, sehingga petani dapat terjamin keberhasilannya, sehingga kalau coorporate dapat berjalan dengan baik maka petani akan makmur sejahtera.

Dikatakan bahwa benih unggul yang dibawa adalah M400 yang tahan terhadap hama penyakit karena dalam penelitiannya sudah dilakukan ujicoba dan diawasi perkembangannya dengan teliti dan sudah dilamukan ujicoba dilahan petani Kabupaten Jombang, tanamam lainnya diserang oleh hama sedangkan M400 tahan dan tidak terserang hama. Acara selesai pada pada pukul 16.00 Wib selanjutnya Jenderal Purn Muldoko menuju penginapan untuk bermalam dan melanjutkan lawatannya besuk ke Bondowoso.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Rudianto saat dikonfirmasi yang pertama menyampaikan salam hormat kepada Jenderal Purn Muldoko serta permohonan maaf bahwa dirinya tidak bisa hadir karena sedang dinas luar ke Pasuruan menjadi Komandan Upacara Pembukaan TMMD Ke 100.

Selanjut terima kasih atas arahan dan bimbingannya terhadap petani di Jember, semoga varitas M400 mampu mendukung Luas Tambah Tanam, mampu mendukung Produktifitas pertanian guna kesejahteraan petani sekaligus memantapkan ketahanan pangan nasional. (Sis24)

Leave a Comment