Harga Bawang Putih di Prediksi Bakal Melorot

Potretbangsa.com, – Harga bawang putih yang terus meroket pada Ramadhan dan lebaran silam, diprediksi akan melorot dan jatuh pada bulan – bulan mendatang. Operasi pasar yang digelorakan menteri perdagangan secara nasional sejak dua bulan belakangan, terbukti membawa hasil.

Dari harga bawang putih yang tembus 55 ribu rupiah per kilo di pasaran, terus merosot hingga jatuh pada kisaran 12.500 rupiah per kilo.

Ketua Asosiasi Pedagang Pajale (APP) Jawa Timur, Sumanto, mengatakan, harga bawang putih di pasaran akan terus mengalami penurunan. Hal ini dipengaruhi oleh membanjirnya bawang putih impor selama dua tiga bulan belakangan.
“Operasi pasar kementerian perdagangan untuk menekan harga bawang putih yang mahal terbukti ampuh,” kata Sumanto.
Prediksi Ketua APP Jatim ini bukan tanpa alasan. Selain faktor membanjirnya komoditas bawang putih di pasaran, penurunan harga juga dipengaruhi oleh tidak adanya agenda nasional pada bulan bulan mendatang, seperti moment ramadhan dan lebaran, yang memang menjadi pemicu kenaikan sejumlah harga komoditas sembako.

“Beda lagi jika ada gejolak yang berpengaruh secara nasional seperti persoalan moneter dan politik. Mungkin harga sejumlah komoditas termasuk bawang putih, harganya akan stag atau bertahan pada posisi terakhir,” imbuh Sumanto. (yat/99)

Leave a Comment