Diklat Anggota Saka Wira Kartika Kodim 0817/Gresik Resmi Dibuka Dandim

Gresik, Potretbangsa.com (24/01) : Dandim 0817/Gresik Letkol Arm. Hendro Setiyadi, S.H., didampingi oleh Ketua Saka Wira Kartika Kodim Gresik yang juga menjabat Kasdim Mayor Inf. Sampak, S.Ag., Ketua Kwarcab Pramuka Gresik Bpk. Drs. Imam Poeri, para Perwira Staf Kodim, para Danramil jajaran Kodim 0817/Gresik dan Ketua Ranting SeKab. Gresik telah resmi membuka kegiatan Pendidikan Latihan Saka Wira Kartika Kodim 0817/Gresik bertempat di Lapangan Upacara Kodim, Minggu (24/01) pukul 07.00 WIB.

Dalam amanatnya Dandim 0817/Gresik Letkol Arm. Hendro Setiyadi, S.H., menegaskan bahwa, “Pembukaan Diklat anggota Saka Wira Kartika Kodim 0817/Gresik Angkatan I Tahun 2016 yang akan diselenggarakan di Pantai Delegan Kecamatan Panceng Kab. Gresik ini dalam pelaksanaan kegiatan nantinya kita semua marilah memohon kepada Allah SWT agar selama kegiatan Diklat tersebut dari awal sampai dengan selesai kita semua selalu diberikan pentunjuk dan bimbingan serta perlindunganNya sehingga semuanya dapat mengikuti kegiatan ini berjalan dengan tertib, aman dan lancar tanpa ada hambatan dan halangan tertentu.

Dandim 0817/Gresik juga menambahkan dalam amanatnya yaitu perlu diketahui bersama, salah satu tujuan dibentuknya Saka Wira Kartika Kodim 0817/Gresik adalah suatu organisasi Gerakan Kepaduan Nasional yang bertujuan untuk mendidik dan membina kaum muda Indonesia menjadi manusia yang berkepribadian, berwatak dan berbudi luhur serta menjadikan warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah satu implementasi dan upaya kongkrit Kodim 0817 dalam membantu Pemerintah guna menyiapkan kekuatan pendukung secara dini dengan cara membentuk Satuan Karya Pramuka dengan istilah “Saka wira Kartika” yang merupakan wadah pembinaan untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dalam berbagai bidang kejuruan, ilmu pengetahuan dan serta pembangunan motivasi untuk melaksanakan kegiatan karya nyata dan produktif, sehingga dapat dijadikan bekal bagi kehidupan dan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan dalam rangka peningkatan Ketahanan Nasional. Dalam pengembangan minat dan bakat adik-adik dapat memilih Krida-krida yang tergabung Saka Wira kartika diantaranya Krida Navigasi Darat, Krida Mountainering, Krida Survival, Krida Pioner dan Krida Penanggulangan Bencana Alam.

Untuk menjadikan pemberitahuan dan pengetahuan bersama bahwa sebelum pelaksanaan kegiatan pengukuhan anggota Saka Wira Kartika Kodim 0817 Angkatan I Tahun 2016 yang diawali dengan penjelajahan dari Lapangan Banyu Urip Kec. Ujung Pangkah menuju Pantai Delegan Kec. Panceng dengan jarak 18 Km (± 3 Jam), maka perlu saya tekankan selaku Dandim dan Pembina Saka Wira Kartika 0817/Gresik diantaranya ikuti kegiatan ini dengan sungguh-sunngguh semua instruksi dari kakak-kakak pembina, patuhi dan taati segala peraturan yang berlaku serta ikuti petunjuk-petunjuk panitia penyelenggara maupun instruktur dan Pembina, siapkan fisik dan mental serta semangat juang yang tinggi dan hindari segala perbuatan yang tidak terpuji yang dapat merusak citra Saka Wira Kartika Kodim 0817 selama kegiatan dan dimanapun kalian berada.

Dalam kegiatan tersebut telah diikuti ± 300 adik-adik peserta anggota Saka Wira Kartika Kodim 0817/Gresik yang berasal dari SMA dan sederajatnya SeKab. Gresik, Kakak-kakak Pembina baik dari anggota satuan jajaran Kodim, anggota Ranting dan Cabang Kab. Gresik serta akan direncanakan kegiatan upacara penutupan dan pengukuhannya ± Pukul 17.00 WIB di Pantai Delegan Kec. Panceng Kab. Gresik. (Kodim 0817-RD).

Leave a Comment