DANDIM 0817/GRESIK BUKA RAPAT BERSAMA KONSOLIDASI UPSUS SWASEMBADA PANGAN DENGAN STAF KEMENTERIAN PERTANIAN

Dandim 0817/Gresik Letkol Arm. Hendro Setiyadi telah membuka kegiatan rapat bersama konsolidasi Upaya Khusus (UPSUS) Swasemabada Pangan Staf Kementerian Pertanian di wilayah Kodim 0817/Gresik bertempat di Aula Brigjen TNI Rahmatullah Makodim Gresik, Minggu (03/01) pukul 17.00 s/d 20.55 WIB.

Adapun rombongan Staf Kementerian Pertanian tersebut diantaranya Pimpinan Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Malang DR. Ir. Siti Munifah M.Si., selaku Staf Kementerian Pertanaian Eselon II A yang ditunjuk sebagai penanggung jawab wilayah Tuban, Lamongan, Bojonegoro dan Gresik, Wakil II STPP Malang Bpk. Imul Hadi, Kabag Adum STPP Malang DR. Setya Budi Udrayana S.Pt, M.Si., Sekretaris Pimpinan STPP Malang Ibu Ika Yuliana, Anggota Staf Wakil II STPP Malang Ibu Novi dan Bpk. Andik Warnaen serta Anggota staf STPP Malang yang lainnya Bpk. Diantoro yang telah datang dalam kunjungan kerjanya lebih awal pada pukul 16.45 WIB Kodim 0817/Gresik. Kemudian disambut dengan baik dan hangat oleh Dandim 0817/Gresik Letkol Arm. Hendro Setiyadi  yang didampingi oleh Kasiter Korem 084/BJ Letkol Inf. Mariyono, Kasdim Mayor Inf. Sampak S.Ag, Pasiterdim Kapten Inf. Prasetyo SH, MM., dan Danramil 0817/16 Ujung Pangkah Kapten Inf. Kiswarin serta disambut dengan penuh aspresiasi oleh para Danramil, Babinsa, anggota staf dan PNS Kodim 0817/Gresik serta 1 Pleton anggota PPM dan FKPPI binaan dari Kodim 0817/Gresik.

Dalam sambutannya Dandim 0817/Gresik Letkol Arm. Hendro Setiyadi telah mengucapakan selamat datang kepada seluruh rombongan Staf Kementerian Pertanian di Makodim 0817/Gresik dan memaparkan paparan tentang keadaan satuan Kodim dan jajarannya, Dana Pendampingan Babinsa, Kemampuan kegiatan satuan Kodim dan jajarannya dalam Upaya Khusus Swasembada Pangan bersama PPL dan petani di lapangan beserta dokumentasinya selam Tahun 2015 sampai dengan sekarang.

  1. Ir. Siti Munifah M.Si., selaku Staf Kementerian Pertanaian Eselon II A dalam kesempatannya sambutannya juga mengucapakan banyak terima kasih atas sambutannya dari Dandim 0817/Gresik beserta para anggotanya yang telah disambut dengan suasana meriah dan penuh aspresiasi ini serta menjelaskan maksud kedatangan rombongannya di Kodim 0817/Gresik dalam rangka rapat konsolidasi UPSUS Swasembada Pangan yang kegiatannya telah berhasil di Tahun 2015, juga menyampaikan amanah dari Menteri Pertanian RI melalui Dirjen Kementerian Pertanian mengucapakan terima kasih atas keberhasilan pencapaian di tahun pertama kalinya dalam sejarah di tahun 2015 Indonesia telah mencapai Surplus Swasembada Pangan yang mana atas bantuan kerjasama para Babinsa di lapangan bersama dengan PPL dan Petani untuk meningkatakan hasil pertanaian khususnya padi, jagung dan kedelai serta di Tahun 2016 direncanakan Kementan tetap akan bekerjasama dengan TNI dalam rangka UPSUS Swasembada Pangan Nasional.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian, Kehutananan dan Perkebunan Kab. Gresik dalam hal ini Bpk. Ir Agus Joko Waluyo dalam sambutannya juga mengatakan selamat datang para rombongan Staf Kementan dan memaparkan pencapaian keberhasilan UPSUS Swasembada pangan Kab. Gresik tahun 2015 sampai dengan 2016 yang sedang berjalan meskipun banyak hambatan dan kendala yang signifikan kompleknya di Kab. Gresik untuk itu perlu diberikan penghargaan yang lebih bila dibandingkan dengan wilayah lain di Provinsi Jawa timur ini.

Dalam sesi tanya jawab Kasdim 0817/Gresik Mayor Inf. Sampak S.Ag telah menanyakan saran masukan tentang sistem tanaman organik bilamana diterapkan di wilayah Kab. Gresik dan reorganisasi regenerasi para petani di kalangan anak muda di Kab. Gresik. Dengan adanya pertanyaan tersebut DR. Ir. Siti Munifah M.Si., selaku Staf Kementerian Pertanaian Eselon II A dan Kepala Dinas Pertanian, Kehutananan dan Perkebunan Bpk. Ir Agus Joko Waluyo memaparkan jawabannya dengan penuh semangat tranparan dan mudah dipahami dan dimengerti oleh semua anggota maupun undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bapeluh Dinas Pertanian Kab. Gresik Bpk. Agus dan para undangan yang hadir. Kegiatan tersebut diakhiri dengan acara ramah tamah, bernyanyi dan foto bersama. (Kodim 0817-RD).

Leave a Comment