Ratusan Nelayan Lamongan Tidak Melaut dan Terancam kelaparan

dok potretbangsa.comPotretbangsa.com – Ratusan Nelayan Lamongan Tidak Melaut dan terancam kelaparan. Ratusan nelayan di Kabupaten Lamongan Jawa Timur, terpaksa tidak bisa melaut lantaran cuaca buruk dan gelombang tinggi yang mendera perairan laut jawa dalam sepekan terakhir. Para nelayan enggan melaut karena takut di hantam gelombang tinggi yang mencapai lima meter. Akibatnya, pasokan ikan di sejumlah pasar mengalami kekosongan, sebab para nelayan lebih memilih memarkir perahu serta memperbaiki jala yang rusak secara bergotong royong.

Cuaca buruk dan gelombang tinggi disertai angin kencang yang melanda perairan laut jawa, membuat ratusan nelayan di kelurahan brondong kecamatan Paciran, Lamongan Jawa Timur terpaksa tidak bisa melaut. Para nelayan takut di hantam gelombang tinggi jika tetap nekad melaut. Mereka harus rela mengangur hingga cuaca kembali membaik. Dalam sepekan terakhir, para nelayan hanya memarkir perahunya dan memperbaiki jala yang rusak secara bergotong royong.

Haspar, salah satu nelayan, mengaku enggan melaut lantaran takut dihantam gelombang tinggi yang mendera perairan laut jawa, tempat nelayan biasa mencari ikan.

” dari pada dihantam gelombang cukup tinggi dan tenggelam dilaut, mendingan kami memarkir perahu, meski tidak tahu sampai kapan, dan keluarga kami terancam kelaparan” katanya.

Kondisi cuaca buruk dan gelombang tinggi di perairan laut jawa, juga mengakibatkan tidak adanya pasokan ikan di sejumlah pasar, lantaran tidak melautnya para nelayan ini. Bahkan dalam seminggu terakhir persediaan ikan mengalami kekosongan.

Cuaca buruk dan gelombang tinggi disertai angin kencang yang melanda kawasan perairan laut jawa ini, diperkirakan akan terus berlangsung, sehingga membuat ratusan nelayan nganggur dan terancam tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Mereka berharap, pemerintah turun tangan memeberikan bantuan, agar nasib keluarga para nelayan tidak kekurangan. (sol/ida)

Leave a Comment