Cara Mudah Membuat Tanaman Bonsai Cantik Berharga Mahal

Potretbangsa.com – Budidaya beragam tanaman bonsai kian digemari warga Kabupaten Gresik Jawa Timur. Selain membuat lingkungan menjadi segar dan Asri karena keindahannya, budidaya tanaman bonsai terbilang cukup menjanjikan lantaran dapat menjadi sumber pendapatan bernilai tinggi.

Dari 1332 kepala keluarga, 75% diantara warga desa Petung, Kecamatan Dukun, Gresik, Jawa Timur berprofesi sebagai pembudidaya tanaman bonsai. Maka tak heran jika kini desa Mojo Petung menjadi sentra perajin bonsai terbesar di kabupaten Gresik.

Meski letak desanya berada di dataran tinggi, dengan kondisi berbukit dan bersebelahan dengan hutan tropis, sebagian besar masyarakat desa ini tidak terlalu kesulitan menjalani hidup. Justru mereka bersyukur. Pasalnya, dari hutan dan perbukitanlah mereka dengan mudah mendapatkan bibit tanaman untuk dijadikan bakalan bonsai.

“Bahkan, jenis tanamannya pun terbilang banyak. Seperti jenis beringin, arabika, asam, pilang, rukem, sancang, jeruk, kawis, cemara hingga serut,” Ucap Abdul Rokhim, warga desa Petung yang juga pembudidaya bonsai.

gresiknewsDikatakan Supardi, selain membuat lingkungan bertambah asri dan segar, budidaya tanaman bonsai juga membuat warga di desa nya dapat tersenyum lega. Lantaran tanaman bonsai hasil budidayanya selalu terjual dengan nilai tinggi, sehingga bisa untuk menutupi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Untuk bibit satu jenis tanaman bonsai yang belum diolah, harganya bervariasi. Mulai dua ratus ribu rupiah hingga satu juta rupiah. Namun, jika tanaman bonsai sudah jadi, harganya bisa mencapai enam juta rupiah, tergantung jenis dan keindahannya,” imbuh Supardi.

Warga di desa petung ini tidak hanya sebagai pembudidaya bonsai saja, namun, mereka juga sebagai penghasil bibit bonsai, yang kini mampu mengangkat perekonomian warga.

Sumber :www.gresiknews.co
http://gresiknews.co/2016/10/budidaya-tanaman-bonsai-usaha-menjanjikan-bernilai-tinggi/

Leave a Comment