Cara Membuat Abon Duri Bandeng Khas Gresik Kaya Kalsium

Potretbangsa.com – Hampir Semua orang yang belum mengetahui sensasi dan kenikmatan rasa Abon Duri Bandeng tentu akan bertanya-tanya seperti apa sih kelezatan rasanya itu. Secara umum, duri ikan Bandeng merupakan momok pada saat dijadikan menu santapan, hal itu disebabkan ikan bandeng memiliki duri yang banyak dan hampir merata diseluruh dagingnya yang gurih sehingga duri ikan Bandeng selama ini dibuang dan dianggap tidak bermanfaat karena mengganggu kenikmatan daging ikan Bandeng yang gurih dan lezat. Padahal jika anda tahu, duri ikan Bandeng dapat diolah menjadi makanan sejenis abon.

Disamping rasanya yang gurih, duri ikan Bandeng kaya akan kalsium sehingga bisa mencegah tulang keropos terutama pada kaum wanita usia lanjut dan Ibu Hamil serta Menyusui.
Di Gresik Jawa Timur, Duri atau Tulang Bandeng diolah menjadi abon yang rasanya cukup nikmat meski hanya disantap dengan nasi putih atau sejenisnya.

Agar bisa di nikmati dengan baik, Abdul Hakim, seorang pengusaha ikan Bandeng di desa Leran Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik, berhasil memproduksi abon berbahan baku utama duri ikan Bandeng. Selain untuk camilan, abon duri Bandeng sangat cocok dikonsumsi karena mempunyai kandungan kalsium yang sangat tinggi dan baik untuk pertumbuhan tulang serta gizi.
Bagi anda yang ingin mencoba membuatnya, Caranya pun cukup sederhana dan mudah. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah memisahkan duri dari daging Ikan Bandeng, lalu duri – duri ikan Bandeng yang sudah dipisahkan tersebut di kukus dalam sebuah panci selama 30 menit hingga duri-duri ikan Bandeng tersebut terasa lunak dan tercium aroma khas bandeng yang matang.

Duri-duri yang telah dikukus selanjutnya digoreng tanpa menggunakan minyak hingga kering, dan dihaluskan dengan blender. saat di haluskan dengan blender terlebih dahulu adonan di beri bumbu agar terasa sedap dari bahan rempah seperti Jahe, Bawang Putih, Kunir, Ketumbar, Daun Jeruk Purut, garam, Jinten dan sedikit penguat rasa. jika semua adonan sudah rata lalu dikeringkan lagi dan jadilah abon duri ikan Bandeng siap saji yang gurih dan nikmat.
Abdul Hakim mengaku, ide awal untuk membuat abon duri Bandeng berdasarkan banyaknya jumlah duri yang dihasilkan setiap kali dirinya membuat masakan berbahan dasar ikan Bandeng.

“biasanya duri ikan bandeng hanya kami gunakan untuk campuran pakan ikan di tambak, namun karena semakin lama semakin bertambah banyak, maka saya mencoba membuat inovasi dengan menggunakan duri ikan bandeng untuk disulap menjadi Abon, ternyata abon duri ini banyak yang menyukai. Lebih-lebih setelah mendapat informasi dari seorang dokter bahwa duri Bandeng memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga bisa digunakan untuk memperkuat tulang dan sangat penting bagi ibu hamil dan menyusui serta orang-orang tua,”Ujarnya.

Untuk setiap bungkus abon dengan ukuran 100 gram, Hakim menjual dengan harga 9 ribu rupiah. Harga yang sangat terjangkau dan bisa di bilang sangat murah di banding manfaatnya dalam mencegah osteoporosis. Penyakit ini biasanya terjadi pada usia diatas 70 tahun dan 2 kali lebih sering menyerang wanita tua. bagi anda yang memiliki banyak ikan bandeng, atau penggila kuliner, silahkan mencoba membuatnya, karena selain untuk kesehatan dan hobi juga secara ekonomis sangat potensial, selamat mencoba.

Leave a Comment