Botok Ikan Patin, Sensasi Kelezatan Kuliner Nusantara

botok ikan wadalPotretbangsa.com – Bagi para pecinta kuliner, akan merasa ketagihan jika sudah mencicipi menu masakan tradisional khas masyarakat pantura ini, Botok ikan Patin, atau biasa disebut warga setempat dengan Botok Ikan wagal. Dengan racikan aneka bumbu dapur dan daging ikan Patin yang kenyal, membikin sensasi kelezatan Botok Ikan Wagal sulit terlupakan.

Botok Ikan Wagal tentu belum akrap di telinga kita. Namun, bagi warga Desa Lasem Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik jawa Timur, botok ikan wagal ini justru menjadi menu favorit warga setempat. Bagi warga sepanjang bantaran Sungai Bengawan Solo, keberadaan Ikan wagal atau ikan patin  ini cukup mudah ditemui, karena ikan tersebut biasa hidup di sungai Bengawan Solo.

Biasanya  ikan ini hanya di goreng atau di bakar saja untuk dikonsumsi, namun di tangan orang-orang kreatif di Desa Lasem, Ikan Wagal  di jadikan Botok yang memiliki cita rasa dan kelezatan yang tak terkira. terlebih saat dimakan dengan nasi Jagung, wuiihhh.. rasanya sangat nikmat.

Bagi anda yang ingin mencoba memasaknya, cara membuat botok Ikan Wagal membutuhkan kesabaran. Pertama-tama,  sebelum di campur bumbu jangkep, ikan harus di cuci sampai bersih dengan air yang di beri buah asem untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah itu, ikan wagal yang panjangnya rata-rata sekitar 40 cm tersebut di potong-potong dan di campur bumbu jangkep, ditambah parutan kelapa dan daun kemangi. Kemudian  di bungkus daun pisang, setelah itu di kukus selama 30 menit.

Jika sudah matang, Botok ikan wagal ini cocoknya di makan bersama nasi jagung, rasanya begitu nikmat, apalagi jika dimakan dalam keadaan masih panas.

Nur Azisah, salah satu pembuat menu Botok Ikan Wagal, mengakui, bahwa memang tidak banyak warung makan yang menjual nemu botok ikan wagal, hanya beberapa warung saja, termasuk warung Barokah miliknya.

“Rasa botok ikan wagal ini sangat special, apalagi jika dimakan dengan nasi jagung yang masih panas atau hangat,”kata isteri camat Dukun tersebut.

Karena rasanya yang lezat dan gurih plus pedas,  masakan khas warga pesisir pantura ini menjadi sangat di gandrungi para pengunjung warung barokah.

Para penggila Botok Ikan Wagal ini tidak hanya berasal dari dalam kota Gresik saja, tetapi juga datang dari Luar kota seperti lamongan dan Surabaya.

Jadi tak heran jika 1 hari menghabiskan sekitar 50 bungkus, dan jangan kecewa jika anda terlambat datang tidak akan menikmati menu special ini. Namun anda jangan salah pilih, karena botok ikan wagal ini ada dua macam yaitu ikan wagal dari laut dan ikan wagal dari tambak/air tawar, yang lebih nikmat yaitu ikan wagal dari tambak/air tawar. Ikan ini mudah sekali di dapat di Desa lasem, jelas ibu azisah. (sol/ik)

Leave a Comment