BIN Terus Awasi Gerakan ISIS di Jatim

isisPotretbangsa.com – BIN Terus Awasi Gerakan ISIS di Jatim.  Badan Intelijen Negara (BIN) terus mengawasi gerakan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Jawa Timur. Baru-baru ini, mereka mendeteksi satu keluarga yang berjumlah tujuh orang di Lamongan, Jawa Timur, bergabung dengan gerakan ISIS.

Kepala BIN Wilayah Jatim, Brigjen TNI Andi Zainudin Azikin, menolak menyebut detail lokasi keluarga tersebut. Namun, yang pasti, keluarga tersebut resmi bergabung dengan ISIS pada 21 Juli lalu.

“Satu keluarga berjumlah tujuh orang kompak gabung ISIS di Lamongan,” katanya seusai menggelar pertemuan dengan ulama dan jajaran Forpimda Jatim, Kamis (7/8/2014), di Surabaya.

Gerakan ISIS di Jatim, lanjut Andi, berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Sebelumnya, kelompok ini sempat terdeteksi menggelar aktivitas di Dusun Sempu-Gading Kulon, Kecamatan Dau, Malang, dan berencana akan menggelar kegiatan di Kecamatan Kedongbendo, Kabupaten Sidoarjo.

“Pengikutnya berpotensi terus bertambah jika terus dibiarkan,” tambahnya.

http://potretbangsa.com/7-warga-lamongan-anggota-isis-berasal-dari-solokuro/

Dia melanjutkan bahwa Indonesia adalah salah satu dari 50 negara di dunia yang menjadi sasaran gerakan ISIS. Ada sekitar 7.000 militansi ISIS yang terus bergerilya di seluruh dunia. Mereka masuk secara bebas dari Turki dan menyebar ke 50 negara di dunia tersebut.

Pemerintah Republik Indonesia melalui Menkopolhukam, Djoko Suyanto, sebelumnya menolak keras berkembangnya ISIS di Indonesia karena tidak sesuai dengan ideologi Pancasila. Oleh karena itu, setiap bentuk gerakan paham tersebut harus dicegah dan diberantas oleh pemerintah dengan bantuan masyarakat.

sumber : kompas.com

Leave a Comment