Bengawan Solo Siaga Banjir, BPBD Gresik Siapkan Logistik

Siaga BanjirGRESIK, Potretbangsa.com – Sungai bengawan solo di muara Kabupaten Gresik, Jawa Timur, mulai menunjukkan tren kenaikan debit air. Warga di lima kecamatan di Gresik Utara, diminta waspada akan banjir luapan bengawan solo, yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Guna mengantisipasi proses penanganan banjir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik, langsung menyiapkan logistik untuk ditempatkan di sejumlah titik di bantaran sungai Bengawan Solo.

Beberapa hari erakhir, debit air Sungai Bengawan Solo mulai mengalami peningkatan, di desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. Warga yang tinggal di bantaran sungai Bengawan Solo, diminta waspada akan luapan sungai Bengawan Solo, yang sewaktu-waktu mengancam jiwa mereka.

BPBD Kabupaten Gresik, sudah menyatakan status sungai bengawan ke level siaga hijau. Itu artinya, air Bengawan Solo sudah mulai naik dan terus menunjukkan tren kenaikan, dibandingkan tiga hari yang lalu.

“Aliran air sungai bengawan solo, bermuara di Kabupaten Gresik. Sehingga potensi meluapnya sungai ini, bisa terjadi di lima kecamatan di gresik utara. Meliputi kecamatan Bunga, Dukun, Sidayu, Manyar, dan juga Ujung Pangkah,” kata Abu Hasan, Kepala BPBD Kabupaten Gresik (12/02/2015).

Dikatakan Abu Hasan, Untuk mengantisipasi penanganan banjir akibat luapan Sungai Bengawan Solo, BPBD Gresik menyiapkan sejumlah logistik dan peralatan yang disiagakan di sejumlah titik, yakni di sejumlah desa yang berada tepat di bantaran sungai bengawan solo. Seperti di desa Bungah,  Kecamatan Bunga, dan Desa Tirem Enggal Kecamatan Dukun. (ik)

Leave a Comment