BABINSA DAN BABINKAMTIBMAS AWASI JALANNYA MUSRENBANGDES TH. 2017

Gresik/Driyorejo (16/01) : Babinsa dan Babinkamtibmas jajaran wilayah Kec. Driyorejo mengadakan pengawasan bersama dalam rapat musyawarah perencanaan pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2017 di 4 (Empat) Desa yang berbeda diantaranya Desa Sumput, Desa Tanjungan, Desa Bambe dan Desa Tenaru yang dimulai pada pukul 19.35 s/d 21.40 WIB, bertempat DI Balai Desa masing-masing, Sabtu (16/01).

Adapun rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan acara pembukaan pengantar sambutan dari Sekdes atau Kepala Desa masing-masing yang mengagendakan penjelasan singkat pelaksanaan acara Musrenbangdes Tahun 2017. Dilanjutkan sambutan yang kedua dari Kepala Desa masing-masing. Untuk Desa Sumput Bapak H. Sutaji S.E., Desa Bambe Bapak Sugiran, Desa Tenaru Bapak Windu Sudarmanto dan Desa Tanjungan Bapak Lukman Hakim. Inti dari sambutan tersebut adalah penjelasan secara garis besar tentang anggaran usulan Musrenbangdes Tahun 2017 sebagai wacana Irenbang di Kecamatan serta penjelasan anggaran maupun kegiatan yang sudah berjalan di Tahun 2016.

Pada sesi sambutan ketiga dibawakan oleh Kasi Pembangunan Kec. Driyorejo Bapak Drs. H. Syamsul Bahri untuk Desa Sumput, Sekcam Bapak Drs. Syaiful Arif M.Si. untuk Desa Tanjungan, Kasi Ekonomi Kec. Driyorejo Bapak Sunarko S.Sos., untuk Desa Bambe dan Kasi Pemerintahan Kec. Driyorejo Bapak Imron untuk Desa Tenaru. Yang mana sambutan tersebut menegaskan bahwa Kami tim dari Kec. Driyorejo yang dibagi 4 (Empat) tim datang dalam acara ini selain silaturahmi bersama, penyampaian salam dari bapak Camat Driyorejo Bapak Drs. H. Sujarto M.Si., menjelaskan usulan potensi wilayah masing-masing Desa di Kec. Driyorejo yang perlu diperbaiki untuk diusulkan Tahun 2016 guna pelaksanaan kegiatan di Tahun 2017 agar tidak ketinggalan dari Desa yang lainnya. Hal ini harus diusulkan jangan sampai tidak diusulkan walaupun nanti diterima atau tidak ditingkat Kec. atau Kab. Juga kami selaku tim sebagai pendampingan di lapangan dan Wasev laporan kegiatan maupun usulan Musrenbangdes Tahun 2017 atau proposal lain diluar rancangan Musrenbangdes.

Sambutan terakhir dari Ketua BPD masing-masing Desa dengan menjelaskan bahwa kami juga sebagai Wasdal di lapangan juga akan mengaktifkan kegiatan kami supaya segala dana kegiatan tidak melenceng jauh dari harapan bersama dan tepat sasaran. Kemudian dilanjutkan usulan Musrenbangdes sebagai dasar bersama untuk pembangunan tiap-tiap Desa. Usulan tersebut dibuat oleh masing-masing RT/RW diantaranya pembangunan/pemavingan jalan lingkungan Desa, pembangunan dan renovasai Balai Desa dan Dusun, perbaikan Masjid, TPQ dan PAUD, Perbaiakan pelengsengan saluran air maupun gorong-gorong di tiap-tiap RT dan pembutan dan pengadaan tempat sampah serta pengolahan sampahnya di tiap-tiap RT.

Setelah pembahasan usulan selesai serta dicatat dan dikumpulkan di Desa kemudian diakhiri dengan do’a bersama. Selama kegiatan telah berjalan lancar, tertib dan aman.

Turut hadir dalam kegiatan di tiap-tiap Desa tersebut yaitu Perwakilan dari staf Kec. Driyorejo beserta anggotanya, Kepala Desa dan perangkatnya, Babinsa dan Babinkamtibmas, Ketua BPD dan anggotanya, Ketua RT/RW, Ketua LKMD, Ketua PKK dan anggotanya, Bidan Desa, Toga, Tomas dan Todat serta perwakilan warga masyarakat ± 75 orang. (Kodim 0817-RD).

Leave a Comment